STRUKTUR SOSIAL STAIN

Struktur Sosial adalah Suatu struktur merujuk pada pola interaksi tertentu yang kurang lebih mantap dan tetap, yang terdiri atas jaringan relasi-relasi kelas sosial hierarkis dan pembagian kerja tertentu, serta ditopang oleh kaidah-kaidah, peraturan-peraturan, dan nilai-nilai budaya.
STRUKTUR SOSIAL STAIN
Kedudukan Stain
STAIN merupakan perguruan Tinggi di lingkungan kementerian Agama dan dipimpin oleh ketua yang bertanggung jawab kepada menteri. Pembinaan secara fungsional dilaksanakan oleh Direktur Jenderal.
Ketua STAIN
Ketua STAIN menduduki kedudukan yang paling tinggi di sekolah berkat kedudukannya, tetapi juga karena sering pengalaman, masa kerja dan pendidikannya. Ialah yang berhak mengambil keputusan yang harus di patuhi oleh Sekolah  Tinggi. disamping hak itu ia memikul tanggung jawab penuh atas kelancaran pendidikan di Perguruan tinggi. Kepala STAIN merupakan pembantu menteri dalam penyelenggaraan Tridarma Perguruan tinggi.
Kepala sekolah juga berkedudukan sebagai konsultan yang memberikan petunjuk ,nasehat,saran-saran kepada guru-guru dalam usaha untuk memperbaiki mutu sekolah.
Ketua Stain  juga memiliki Pembantu Ketua yang terdiri dari: pembantu ketua bidang akademik, pembantu ketua bidang administrasi umum, pembantu bidang kemahasiswaan..
KEDUDUKAN SENAT
Senat merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di sekolah Tinggi. Ia juga mempunyai tanggungjawab untuk memmpertahankan dan meningkatkan standar mutu akademik. Senat terdiri atas Guru besar, ketua, pembantu ketua, ketua jurusan, wakil dosen dan unsura lain yang ditetapkan senat.
KEDUDUKAN DOSEN
Dosen adalah tenaga pendidik di lingkunga jurusan dan bertanggungjawab kepada ketua. Ia ditetapkan menurut kebutuhan dan beban kerja. Dosen mempuntai tugas melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang keahlian/keilmuan.
IDENTITAS SOSIAL
Identitas Sosial  adalah definisi seseorang/ lembaga tentang siapa dirinya, termasuk di dalamnya atribut pribadi dan atribut yang dibaginya bersama dengan orang lain, seperti gender dan ras.
STAIN merupakan perguruan Tinggi di lingkungan kementerian Agama dan dipimpin oleh ketua yang bertanggung jawab kepada menteri. Pembinaan secara fungsional dilaksanakan oleh Direktur Jenderal.
STAIN bertugas:
Menyelenggarakan program pendidik akademik, melakukan penelitian dalam bidang ilmu agama islam dan ilmu lainnya, serta melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
fanatisme mempunyai pengertian sebagaiberikut sebuah keadaan dimana seseorang atau kelompok yangmenganut paham, baik politik, agama, kebudayaan atau apapun sajadengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurangbaik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan atau konflik serius.(id.wikipedia.org). Fanatik berbeda dengan fanatisme, fanatikmerupakan sifat yang timbul saat seseorang menganut fanatisme.Dengan kata lain fanatisme merupakan sebab dan fanatik adalahakibat.
Pengertian Loyalitas
Kata dasarnya “loyal”. Loyalty is faithfulness or a devotion to a person or cause. Makna umumnya di sini kesetiaan atau kepatuhan.  
Loyalitas adalah kesetiaan atau pengabdian kepada seseorang, negara, kelompok.
Solidaritas adalah kesepakatan bersama dan dukungan: kepentingan dan tanggung jawab antar individu dalam kelompok, terutama karena diwujudkan dalam dukungan suara bulat dan tindakan kolektif untuk sesuatu hal.
Apa yang membentuk dasar dari solidaritas bervariasi antara masyarakat. Dalam masyarakat sederhana mungkin terutama berbasis di sekitar nilai-nilai kekerabatan dan berbagi. Dalam masyarakat yang lebih kompleks terdapat berbagai teori mengenai apa yang memberikan kontribusi rasa solidaritas sosial.
fanatisme mempunyai pengertian sebagai berikut sebuah keadaan dimana seseorang atau kelompok yangmenganut paham, baik politik, agama, kebudayaan atau apapun sajadengan cara berlebihan (membabi buta) sehingga berakibat kurangbaik, bahkan cenderung menimbulkan perseteruan atau konflik serius.(id.wikipedia.org). Fanatik berbeda dengan fanatisme, fanatik merupakan sifat yang timbul saat seseorang menganut fanatisme. Dengan kata lain fanatisme merupakan sebab dan fanatik adalahakibat.



temukan saya di facebook


0 Response to "STRUKTUR SOSIAL STAIN"

Post a Comment

Pages