CARA MEMBUAT RANKING MENGGUNAKAN EXCEL

Bagi para guru dan wali kelas, tugas ini memang sangat berat, apalagi jika menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan nilai, tetapi jaman sekarang sudah banyak diuntungkan dengan adanya teknologi yang canggih, sehingga untuk menghitung nilai, rata-rata ataupun ranking sangat mudah untuk dilakukan dan tidak memerlukan keahlian menghitung, cukup dengan memasukkan rumus kedalam komputer, maka secepat kilat akan muncul hasilnya, tanpa harus menghitung manual satu persatu.

Dalam Dunia Excel dikenal Formula Rank atau Fungsi Rank, Fungsi Rank adalah suatu fungsi untuk menentukan posisi atau rangking dari suatu bilangan yang terdapat dalam daftar atau sekelompok data dan rumus yang digunakan adalah : =RANK(number,ref,order)
Caranya:

Pada cell U8  ketikan rumus =RANK(S8; S8:S12)  Selanjutnya berikan tanda absolute ($) supaya tetap ketika kita tarik kebawah menjadi =RANK(S8;$S$8:$S$12). Selanjutnya tarik rumus ke bawah sampai Cell U12.
Berikut hasilnya:


Itulah caranya, sebenarnya ada cara yang lain yaitu menggunakan sort, tetapi cara sort ini tidak efisien karena bila nilai akan di edit ulang maka rangking tidak otomatis berubah. Sebaiknya anda menggunakan cara ini saja.
Demikian. Cara Menentukan Rangking Otomatis di Excel semoga bermanfaat.......

Terimakasih.........

0 Response to "CARA MEMBUAT RANKING MENGGUNAKAN EXCEL"

Post a Comment

Pages