STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGIES)


EXAMPLES NON EXAMPLES
(Contoh dapat dari gambar/kasus yang relavan dengan KD)

Langkah-langkah:
1.      Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2.      Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melaului OHP
3.      Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa memperhatikan/menganalisa gambar
4.      Melalui diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas
5.      Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6.      Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
7.      Kesimpulan


PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah:
1.      Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2.      Menyajikan materi sebagai pengantar
3.      Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4.      Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.      Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6.      Dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
7.      Kesimpulan/rangkuman

NUMBERED HEADS TOGETHER
(KEPALA BERNOMOR: SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah:
1.      Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.      Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.      Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya dengan baik
4.      Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil keluar dari kelompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerjasama mereka
5.      Tanggapan dengan teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6.      Kesimpulan

COOPERATIVE SCRIPT (DANSEREAU CS, 1985)
Skrip kooperatif:
Metode belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari
Langkah-langkah:
1.      Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.      Guru membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3.      Guru  dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4.      Pembicara membicarakan ringkasanya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar:
·        Menyimak/mengoreksi/menunukkan ide-ide pokok yang kuranglengkap
·        Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainya
5.      Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta lakukan seperti di atas.
6.      Kesimpulan Siswa bersama-sama dengan Guru
7.      Penutup   
      
KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
(MODIFIKASI DAN NUMBERED HEADS)
Langkah-langkah:
1.      Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.      Penugasan diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang berangkai
 Misalnya: siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
3.      Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokan hasil kerja sama mereka
4.      Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
5.      Kesimpulan

STUDENT-TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
TIM SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)

Langkah-langkah:
1.      Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku dll)
2.      Guru menyajikan pelajaran
3.      Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok. Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.      Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu (kuis individual)
5.      Memberi evaluasi
6.      Kesimpulan

JIGSAW (MODEL TIM AHLI)
(ARONSON, BLANEY, STEPHEN, SIKES,  AND SNAPP, 1978)
Langkah-langkah:
1.      Siswa dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2.      Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.      Tiap orang dalam tim diberi bagian yang ditugaskan
4.      Anggota dari tim yang berebeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5.      Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bagian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.      Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.      Guru memberi evaluasi
8.      Penutup

Penerapan:
Materi perawatan jenazah (sudah jelas)

PROBLEM-BASED INTRUCTION (PBI)
(PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASLAH)
Langkah-langkah:
1.      Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2.      Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3.      Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.      Guru membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagai tugas dengan temanya
5.      Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi  atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan

ARTIKULASI
Langkah-langkah:
1.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.      Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3.      Unutuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4.      Suruhlah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasanganya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainya
5.      Seluruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasanganya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6.      Guru mengulang/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7.      Kesimpuln/penutup
MIND MAPING
Langkah-langkah:
1.      Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2.      Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
3.      Unutuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4.      Suruhlah seorang dari pasangan itu meceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasanganya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainya
5.      Seluruh siswa secra bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6.      Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum di pahami siswa
7.      Kesimpulan/penutup

MAKE A-MATCH (MENCARI PASANGAN)
(Lorn Curran, 1994)
Langkah-langkah:
1.      Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
2.      Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.      Tiap siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4.      Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5.      Setiap siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6.      Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
7.      Demikian seterusnya
8.      Kesimpulan/penutup

THINK PAIR AND SHARE (FRANK LYMAN, 1985)
Langkah-langkah:
  1. Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Siswa diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
  3. Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
  4. Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
  5. Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para siswa
  6. Guru memberi  kesimpulan
  7. Penutup
DEBATE
Langkah-langkah:
  1. Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan lainya kontra
  2. Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan di debatkan oleh kedua kelompok diatas
  3. Setelah selesai membaca materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara saat itu di tanggapi atau dibalas oleh kelomppok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
  4. Sementara siswa menyampaikan gagasanya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
  5. Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
  6. Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai

ROLE PLAYING
Langkah-langkah:
  1. Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  2. Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
  3. Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
  4. Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
  5. Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
  6. Masing-masing siswa duduk dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperagakan
  7. Setelah dipentaskan, masing-maasing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
  8. Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
  9. Guru memberikan kesimpulan secara umum
  10. Evaluasi
  11. Penutup

GROUP INVESTIGATION (SHARAN, 1992)
Langkah-langkah:
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  4. Masing-masing kelompok mambahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi kelompok
  5. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
  6. Evaluasi
  7. Penutup

TALKING STICK
Langkah-langkah:
  1. Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  2. Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  3. Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  4. Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
  5. Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  6. Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  7. Evaluasi
  8. Penutup

BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah:
  1. Setiap siswa mendapat  satu pasangan (guru biasa menunjukkan pasanganya atau siswa menunjukan pasanganya
  2. Guru memberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasanganya
  3. Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
  4. Kedua pasangan tersebut harus bertukar pasanganmasing-masing pasngan yang baru ini saling menanyakan dan mengukuhkan jawaban mereka
  5. Temuan baru yang dapat diberi dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula



SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah:
  1. Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
  2. Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  3. Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  4. Kemudian masing-masing siswa di berikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudahg dijelaskan oleh ketua kelompok
  5.  Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
  6. Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  7. Evaluasi
  8. Penutup

STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada rekan peserta lainya
Langkah-langkah:
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  3. Memberikan kesempatan siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
  4. Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
  5. Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
  6. Penutup




COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah:
  1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  2. Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  3. Memberikan kesempatan siswa tanya jawab
  4. Untuk menguji pemahan, siswa disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
  5. Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan  guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (√) dan salah silang (x)
  6. Siswa yang sudah mendapat tanda √ vertikal atau horisontal, diagonal harus haru berteriak horey....atau yel-yel lainya
  7. Nilai siswa dihitung dari jawaban benar jumlah horey yang dioeroleh
  8. Penutup


DEMONSTRATION
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah:
  1. Guru menyampaikan TPK
  2. Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
  3. Siapkan bahan atau alat yang diperlukan
  4. Menunjukan salah seorang siswa untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
  5. Seluruh siswa memperhatikan demontrasi dan menganalisa
  6. Tiap siswa atau kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
  7. Guru membuat kesimpulan





EXPLICIT INTRODUCTION (PENGAJARAN LANGSUNG)
(ROSENSHINA & STEVENS, 1986)
Pembelajaran langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola selangkah demi selangkah
Langkah-langkah:
  1. Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
  2. Mendemontrasikan pengetahuan dan ketrampilan
  3. Membimbing pelatihan
  4. Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik
  5. Memberikan kesempatan untuk latihan


COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
(STEVEN & SLAVINA, 1995)
Langkah-langkah:
  1. Membentuk kelompok yang anggotanya 4 orang yang secara heterogen
  2. Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran
  3. Siswa bekerja sama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
  4. Mempresentasikan/membacakan hasil kelompok
  5. Guru membuat kesimpulan bersama
  6. Penutup


INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE
(LINGKUNGAN KECIL DAN LINGKARAN BESAR)OLEH SPENCER KAGAN
“Siswa saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah:
  1. Separuh kelas berdiri membentuk lingkran kecil dan menghadap keluar
  2. Separuh kelas lainya membentuk lingkaran di laur lingkaran pertama, menghadap ke dalam
  3. Dua sisw yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagai informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
  4. Kemudian siswa berada di lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu atau dua langkah secara jarum jam.
  5. Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya

TEMBOK KATA
Media:
*        Buat kartu ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
*        Buat kartu ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan ditelinga.

Langkah-langkah:
1.      Jelaskan TPK atau materi ± 45 menit
2.      Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan
3.      Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10X10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa yang lainya diberi kartu yang berukuran 5X2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat) kemudian di tempelkann didahi atau diselipkan ditelinga.
4.      Sementara siswa membawa kartu 10 X 10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnya sementara pasanganya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10 X 10 cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau telinga.
5.      Apabila jawabanya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6.      Dan seterusnya

CONTOH KARTU
·        Perusahaan ini tanggung- jawabnya tidak terbatas
·        Dimiliki oleh 1 orang
·        Struktur organisasinya tidak resmi
·        Bila untung dimiliki, diambil sendiri
NAH...SIAPA...AKU?
JAWABANYA: PERUSAHAAN PERSEORANGAN


WORD SQUARE
Media:
*        Buat kotak sesuai keperluan
*        Buat soal sesuai TPK Langkah-langkah:
1.      Sampaikan materi sesuai TPK
2.      Bagikan lembaran kegiatan sesuai contoh
3.      Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4.      Berikan poin setiap jawaban dalam kotak
CONTOH:


T
Y
E
N
I
O
K
N
R
A
U
A
N
K
U
O
A
B
A
R
T
E

M
N
A
N
I
R
R
R
I
S
D
G
I
I
T
S
N
A
O
N
L
S
A
G
A
K
L
A
A
I
S
R
L
S
A
C
E
K
B
O
S
I
R
I
N
G
G
I
T


CONTOH SOAL:
1.      Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran denagn cara.............
2.      ........... Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.      Uang...... Saat ini banyak di palsukan
4.      Nilai bahan pemnbuatan uang disebut..........
5.      Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut.......
6.      Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebtu....
7.      Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai....
8.      Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual  beli disebut  motif.....
9.Peritah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke Bank untuk membayar sejumlah uang disebut.....

SCRAMBLE
MEDIA:
·        Buatlah pertanyaan yang sesuai dengan TPK
·        Buat jawaban yang diacak hurufnya
·        Langkah-langkah
1.      Guru menyajikan materi sesuai TPK
2.      Membagikan lembar kerja sesuai contoh
Susunlah huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan kolom A.
A
1.      Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran denagn cara.............
2.      ........... Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.      Uang...... Saat ini banyak di palsukan
4.      Nilai bahan pemnbuatan uang disebut..........
5.      Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut.......
6.      Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebtu....
7.      Nilai yang tertulis pada mata uang disebut nilai....
8.      Dorongan seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual  beli disebut  motif.....
9.Peritah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke Bank untuk membayar sejumlah uang disebut.....


B
  1. TARREB.......................
  2. GANU...........................
  3. TRASEK...................
  4. KRISTINI...................
  5. LIRI............................
  6. SRUK.........................
  7. MINALON...................
  8. SAKSITRAM..............
  9. KEC................















TAKE AND GIVE
MEDIA:
·       

NAMA SISWA:
SUB MATERI   :
NAMA YANG DIBERI
1.
2.
3.
4. Dst.
 
Kartu ukuran ± 10 X 15 cm sejumlah peserta
 tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda
 dengan kartu yang lainya, materi sesuai dengan TPK
·        Kartu contoh sejumlah siswa
·        CONTOH Kartu:
Langkah-langkah:
1.      Siapkan  kelas sebagaimana mestinya
2.      Jelaskan materi sesuai TPK
3.      Untuk memantapkan penguasaan peserta tiap siswa di beri masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
4.      Semua siswa di suruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus mencatat nama pasanganya pada kartu contoh
5.      Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (take and give)
6.      Untuk mengefaluasi keberhasilan berikan-berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai dengan kartunya (kartu orang lain)
7.      Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan
8.      Kesimpulan

CONCEPT SENTENCE
Langkah-langkah:
·        Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·        Guru menyajikan materi secukupnya
·        Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
·        Menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang di sajikan
·        Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci tiap kalimat
·        Hasil dikusi kelompok. Didiskusikan lagi secara plerio yang di pandu guru
·        Kesimpulan


COMPLETTE SENTENCES
Media: *Siapkan blanko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah:
1.      Guru menyampaikan yang ingin dicapai
2.      Menyampaikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model dengan waktu secukupnya
3.      Bentuk kelompok 2 atau 3 orang secara heterogen
4.      Bagikan lembar kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lemgkap (lihat contoh)
5.      Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
6.      Bicarakan bersama-sama anggota kelompok
7.      Setelah jawaban benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti atau hapal
8.      Kesimpulan

TIME TAKEN ARENDS (1998)

Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan ketrampilan sosial, untuk menghindari siswa mendimonasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah:
1.      Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning/CL)
2.      Tiap siswa diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah nilai sesuai waktu keadaan
3.      Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap berbicara satu kupon
4.      Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis
5.      Dan seterusnya

PAIR CHECKS  SPENCER KAGEN (1993)

APA YANG DILAKUKAN?
·        BEKERJA BERPASNGAN
·        Bentuk tim dalam pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas sebab semua itu akan membantu melatih
·        PELATIH MENGECEK
·        Apabila patner benar pelatih memberi kupon
·        BERTUKAR PERAN
·        Seluruh patner bertukar peran dan mengurangi langkah 1-3
·        PASANGAN MENGECEK
·        Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban
·        PENEGASANA GURU
·        Guru mengajarkan jawaban/ide sesuai konsep

KELILING KELOMPOK

Maksudnya agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesematan untuk memerikan kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggotanya lainya Caranya......?
1.      Salah satu siswa dalam masing-masing  kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan
2.      Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksnakan arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan

TARI BAMBU
Agar siswa saling berbagiinformasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dalam waktu singkat secara teratur dan strategi ini cocok untuk materi yang membutuhkan pengalaman pikiran dan informasi antar siswa

Caranya:
1.      Separuh kelas atau sperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar. Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar di sela-sela deretan bangkau. Cara yang ke dua ini akan memudahkan pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.      Separuh kelas lainya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama
3.      Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran pindah ke ujung lainya di jajaranya. Jajaran ini kemudian bergeser. Denagn cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan
DUA TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) SPINCER KAGEN 1992
MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK UNTUK MEMBAGIKAN HASIL DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK LAINNYA

Caranya:
  1. Siswa bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa
  2. Stelah selesai, dua orang dari masing-masing bertemu kedua kelompok yang lain
  3. Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.
  4. Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
  5. Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.
Semoga bermanfaat, Jika ada pertanyaan atau hanya sekedar ingin menyapa, silahkan isi di kolom kotak komentar di bawah ini.


0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGIES)"

Post a Comment

Pages