EXAMPLES NON EXAMPLES
(Contoh dapat dari gambar/kasus yang relavan dengan
KD)
Langkah-langkah:
1. Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
2. Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melaului OHP
3. Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa memperhatikan/menganalisa
gambar
4. Melalui
diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
dicatat pada kertas
5. Tiap
kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
6. Mulai
dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan
yang ingin dicapai
7. Kesimpulan
PICTURE
AND PICTURE
Langkah-langkah:
1. Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
2. Menyajikan
materi sebagai pengantar
3. Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
4. Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis
5. Guru
menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6. Dari
alasan/urutan
gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi
yang ingin dicapai
7. Kesimpulan/rangkuman
NUMBERED
HEADS TOGETHER
(KEPALA
BERNOMOR: SPENCER KAGAN, 1992)
Langkah-langkah:
1. Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Guru
memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3. Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya dengan baik
4. Guru
memanggil salah satu nomor siswa dan
nomor yang dipanggil keluar
dari kelompoknya melaporkan atau menjelaskan hasil kerjasama mereka
5. Tanggapan
dengan teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
6. Kesimpulan
COOPERATIVE
SCRIPT (DANSEREAU CS, 1985)
Skrip kooperatif:
Metode belajar dimana
siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang
dipelajari
Langkah-langkah:
1. Guru
membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru
membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3. Guru dan siswa menetapkan siapa yang pertama
berperan sebagai
pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
4. Pembicara
membicarakan ringkasanya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
dalam ringkasannya.
Sementara pendengar:
·
Menyimak/mengoreksi/menunukkan
ide-ide pokok yang kuranglengkap
·
Membantu
mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau
dengan materi lainya
5. Bertukar
peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya serta
lakukan seperti di atas.
6. Kesimpulan
Siswa bersama-sama dengan Guru
7. Penutup
KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR
(MODIFIKASI
DAN NUMBERED
HEADS)
Langkah-langkah:
1. Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2. Penugasan
diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang
berangkai
Misalnya: siswa nomor satu bertugas mencatat
soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil
pekerjaan dan seterusnya
3. Jika
perlu, guru
bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan
bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok lain. Dalam
kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau
mencocokan hasil kerja sama mereka
4. Laporkan
hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
5. Kesimpulan
STUDENT-TEAMS
ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)
TIM
SISWA KELOMPOK PRESTASI (SLAVIN, 1995)
Langkah-langkah:
1. Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku dll)
2. Guru
menyajikan pelajaran
3. Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
Anggota yang
tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu
mengerti.
4. Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu
(kuis individual)
5. Memberi
evaluasi
6. Kesimpulan
JIGSAW
(MODEL TIM AHLI)
(ARONSON,
BLANEY, STEPHEN, SIKES, AND SNAPP, 1978)
Langkah-langkah:
1. Siswa
dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
2. Tiap
orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3. Tiap
orang dalam tim diberi bagian yang ditugaskan
4. Anggota
dari tim yang berebeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu
dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5. Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan
bagian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai dan
tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6. Tiap
tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7. Guru
memberi evaluasi
8. Penutup
Penerapan:
Materi perawatan jenazah
(sudah jelas)
PROBLEM-BASED INTRUCTION (PBI)
(PEMBELAJARAN
BERDASARKAN MASLAH)
Langkah-langkah:
1. Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi
siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
2. Guru
membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
3. Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis,
pemecahan masalah.
4. Guru
membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan
dan membantu mereka berbagai tugas dengan temanya
5. Guru
membantu siswa untuk melakukan refleksi
atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka
gunakan
ARTIKULASI
Langkah-langkah:
1. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2. Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
3. Unutuk
mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Suruhlah
seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasanganya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti
peran. Begitu juga kelompok lainya
5. Seluruh
siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasanganya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru
mengulang/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7. Kesimpuln/penutup
MIND
MAPING
Langkah-langkah:
1. Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
2. Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
3. Unutuk
mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4. Suruhlah
seorang dari pasangan itu meceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasanganya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti
peran. Begitu juga kelompok lainya
5. Seluruh
siswa secra bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
6. Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum di pahami siswa
7. Kesimpulan/penutup
MAKE
A-MATCH (MENCARI PASANGAN)
(Lorn
Curran, 1994)
Langkah-langkah:
1. Guru
menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok
untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu
jawaban
2. Setiap
siswa mendapat satu buah kartu
3. Tiap
siswa memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
4. Setiap
siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal
jawaban)
5. Setiap
siswa yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6. Setelah
satu babak kartu dikocok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari
sebelumnya
7. Demikian
seterusnya
8. Kesimpulan/penutup
THINK PAIR AND SHARE
(FRANK LYMAN, 1985)
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan inti materi
dan kompetensi yang ingin dicapai
- Siswa diminta untuk berfikir
tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru
- Siswa diminta berpasangan dengan
teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran
masing-masing
- Guru memimpin pleno kecil
diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
- Berawal dari kegiatan tersebut
mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang
belum diungkapkan para siswa
- Guru memberi kesimpulan
- Penutup
DEBATE
Langkah-langkah:
- Guru membagi 2 kelompok
peserta debat yang satu pro dan lainya kontra
- Guru memberikan tugas untuk
membaca materi yang akan di debatkan oleh kedua kelompok diatas
- Setelah selesai membaca
materi. Guru menunjuk salah satu anggotanya kelompok pro untuk berbicara
saat itu di tanggapi atau dibalas oleh kelomppok kontra demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
- Sementara siswa menyampaikan
gagasanya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan
tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi
- Guru menambahkan konsep/ide
yang belum terungkap
- Dari data-data di papan
tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu
pada topik yang ingin dicapai
ROLE PLAYING
Langkah-langkah:
- Guru menyusun/menyiapkan
skenario yang akan ditampilkan
- Menunjuk beberapa siswa untuk
mempelajari skenario dua hari sebelum kbm
- Guru membentuk kelompok siswa
yang anggotanya 5 orang
- Memberikan penjelasan tentang
kompetensi yang ingin dicapai
- Memanggil para siswa yang
sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
- Masing-masing siswa duduk
dikelompoknya, masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang
sedang diperagakan
- Setelah dipentaskan,
masing-maasing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas
- Masing-masing kelompok
menyampaikan hasil kesimpulannya
- Guru memberikan kesimpulan
secara umum
- Evaluasi
- Penutup
GROUP INVESTIGATION
(SHARAN, 1992)
Langkah-langkah:
- Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
- Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
- Guru
memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok
mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
- Masing-masing
kelompok mambahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi kelompok
- Guru
memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
TALKING STICK
Langkah-langkah:
- Guru membagi kelas dalam
beberapa kelompok heterogen
- Guru menjelaskan maksud
pembelajaran dan tugas kelompok
- Guru memanggil ketua-ketua
untuk satu materi tugas sehingga kelompok mendapat tugas satu materi/tugas
yang berbeda dari kelompok lain
- Masing-masing kelompok
membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan
- Setelah selesai diskusi, lewat
juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok
- Guru memberikan penjelasan
singkat sekaligus memberi kesimpulan
- Evaluasi
- Penutup
BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah:
- Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukkan
pasanganya atau siswa menunjukan pasanganya
- Guru memberikan tugas dan
siswa mengerjakan tugas dengan pasanganya
- Setelah selesai setiap
pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
- Kedua pasangan tersebut harus
bertukar pasanganmasing-masing pasngan yang baru ini saling menanyakan dan
mengukuhkan jawaban mereka
- Temuan baru yang dapat diberi
dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula
SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan materi yang
akan disajikan
- Guru membentuk
kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
memberikan penjelasan tentang materi
- Masing-masing ketua kelompok
kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang
disampaikan oleh guru kepada temannya
- Kemudian masing-masing siswa
di berikan satu lembar kertas kerja, untuk menuliskan satu pertanyaan apa
saja yang menyangkut materi yang sudahg dijelaskan oleh ketua kelompok
- Kemudian kertas tersebut dibuat seperti
bola dan dilempar dari satu siswa ke siswa yang lain selama ± 15 menit
- Setelah siswa dapat satu
bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab
pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian
- Evaluasi
- Penutup
STUDENTS FACILITATOR AND EXPLAINING
Siswa/peserta mempresentasikan ide/pendapat pada
rekan peserta lainya
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
- Guru mendemonstrasikan/menyajikan
materi
- Memberikan kesempatan
siswa/peserta untuk menjelaskan kepada peserta untuk menjelaskan kepada
peserta lainya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
- Guru menyimpulkan ide/pendapat
dari siswa
- Guru menerangkan semua materi
yang disajikan saat itu
- Penutup
COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan kompetensi
yang ingin dicapai
- Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi
- Memberikan kesempatan siswa
tanya jawab
- Untuk menguji pemahan, siswa
disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi
angka sesuai dengan seler masing-masing siswa
- Guru membaca soal secara acak
dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau
benar diisi tanda benar (√) dan salah silang (x)
- Siswa yang sudah mendapat
tanda √ vertikal atau horisontal, diagonal harus haru berteriak
horey....atau yel-yel lainya
- Nilai siswa dihitung dari
jawaban benar jumlah horey yang dioeroleh
- Penutup
DEMONSTRATION
(Khusus materi yang memerlukan peragaan atau
percobaan misalnya Gussen)
Langkah-langkah:
- Guru menyampaikan TPK
- Guru menyajikan gambaran
sekilas materi yang akan disampaikan
- Siapkan bahan atau alat yang
diperlukan
- Menunjukan salah seorang siswa
untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan
- Seluruh siswa memperhatikan
demontrasi dan menganalisa
- Tiap siswa atau kelompok
mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa didemontrasikan
- Guru membuat kesimpulan
EXPLICIT INTRODUCTION (PENGAJARAN
LANGSUNG)
(ROSENSHINA & STEVENS, 1986)
Pembelajaran
langsung khusus dirancang untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan
proseduran dan pengetahuan deklaratif yang dapat diajarkan dengan pola
selangkah demi selangkah
Langkah-langkah:
- Menyampaikan tujuan dan
mempersiapkan siswa
- Mendemontrasikan pengetahuan
dan ketrampilan
- Membimbing pelatihan
- Mengecek pemahaman dan
memberikan umpan balik
- Memberikan kesempatan untuk
latihan
COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION
(CIRC)
KOOPERATIF TERPADU MEMBACA DAN MENULIS
(STEVEN & SLAVINA, 1995)
Langkah-langkah:
- Membentuk kelompok yang
anggotanya 4 orang yang secara heterogen
- Guru memberikan wacana/kliping
sesuai dengan topik pembelajaran
- Siswa bekerja sama saling
membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
wacana/kliping dan ditulis pada lembar kertas
- Mempresentasikan/membacakan
hasil kelompok
- Guru membuat kesimpulan
bersama
- Penutup
INSIDE-OUTSIDE-CIRCLE
(LINGKUNGAN KECIL DAN LINGKARAN BESAR)OLEH SPENCER
KAGAN
“Siswa
saling membagi informasi pada saat yang bersamaan, dengan pasangan yang berbeda
dengan singkat dan teratur”
Langkah-langkah:
- Separuh kelas berdiri
membentuk lingkran kecil dan menghadap keluar
- Separuh kelas lainya membentuk
lingkaran di laur lingkaran pertama, menghadap ke dalam
- Dua sisw yang berpasangan dari
lingkaran kecil dan besar berbagai informasi. Pertukaran informasi ini
bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan
- Kemudian siswa berada di
lingkaran kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran
besar bergeser satu atau dua langkah secara jarum jam.
- Sekarang giliran siswa berada
di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya
TEMBOK KATA
Media:
*
Buat kartu
ukuran 10X10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah pada
jawaban (istilah) pada kartu yang ingin ditebak.
*
Buat kartu
ukuran 5X2 cm untuk menulis kata-kata atau istilah yang mau ditebak (kartu ini
nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan ditelinga.
Langkah-langkah:
1.
Jelaskan TPK atau
materi ± 45 menit
2.
Suruhlah siswa
berdiri didepan kelas dan berpasangan
3.
Seorang siswa
diberi kartu yang berukuran 10X10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya.
Seorang siswa yang lainya diberi kartu yang berukuran 5X2 cm yang isinya tidak
boleh dibaca (dilipat) kemudian di tempelkann didahi atau diselipkan ditelinga.
4.
Sementara siswa
membawa kartu 10 X 10 cm membacakan kata-kata yang
tertulis didalamnya sementara pasanganya menebak apa yang dimaksud dalam kartu
10 X 10
cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempelkan di dahi atau
telinga.
5.
Apabila
jawabanya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk.
Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan dengan
kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6.
Dan seterusnya
CONTOH KARTU
·
Perusahaan ini
tanggung- jawabnya tidak terbatas
·
Dimiliki oleh 1
orang
·
Struktur
organisasinya tidak resmi
·
Bila untung
dimiliki, diambil sendiri
NAH...SIAPA...AKU?
JAWABANYA:
PERUSAHAAN PERSEORANGAN
WORD SQUARE
Media:
*
Buat kotak
sesuai keperluan
*
Buat soal sesuai
TPK Langkah-langkah:
1.
Sampaikan materi
sesuai TPK
2.
Bagikan lembaran
kegiatan sesuai contoh
3.
Siswa disuruh
menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban
4.
Berikan poin
setiap jawaban dalam kotak
CONTOH:
T
|
Y
|
E
|
N
|
I
|
O
|
K
|
N
|
R
|
A
|
U
|
A
|
N
|
K
|
U
|
O
|
A
|
B
|
A
|
R
|
T
|
E
|
M
|
|
N
|
A
|
N
|
I
|
R
|
R
|
R
|
I
|
S
|
D
|
G
|
I
|
I
|
T
|
S
|
N
|
A
|
O
|
N
|
L
|
S
|
A
|
G
|
A
|
K
|
L
|
A
|
A
|
I
|
S
|
R
|
L
|
S
|
A
|
C
|
E
|
K
|
B
|
O
|
S
|
I
|
R
|
I
|
N
|
G
|
G
|
I
|
T
|
CONTOH
SOAL:
1.
Sebelum mengenal
uang orang melakukan pertukaran denagn cara.............
2.
...........
Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.
Uang...... Saat
ini banyak di palsukan
4.
Nilai bahan
pemnbuatan uang disebut..........
5.
Kemampuan uang
untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut.......
6.
Nilai
perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebtu....
7.
Nilai yang
tertulis pada mata uang disebut nilai....
8.
Dorongan
seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual
beli disebut motif.....
9.Peritah
tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke Bank untuk membayar sejumlah
uang disebut.....
SCRAMBLE
MEDIA:
·
Buatlah
pertanyaan yang sesuai dengan TPK
·
Buat jawaban
yang diacak hurufnya
·
Langkah-langkah
1.
Guru menyajikan
materi sesuai TPK
2.
Membagikan
lembar kerja sesuai contoh
Susunlah
huruf-huruf pada kolom sehingga merupakan kata kunci (jawaban) dari pertanyaan
kolom A.
A
1.
Sebelum
mengenal uang orang melakukan pertukaran denagn cara.............
2.
...........
Digunakan sebagai alat pembayaran yang sah
3.
Uang......
Saat ini banyak di palsukan
4.
Nilai bahan
pemnbuatan uang disebut..........
5.
Kemampuan uang
untuk ditukar dengan sejumlah barang atau jasa disebut.......
6.
Nilai
perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebtu....
7.
Nilai yang
tertulis pada mata uang disebut nilai....
8.
Dorongan
seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual
beli disebut motif.....
9.Peritah
tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke Bank untuk membayar
sejumlah uang disebut.....
|
B
|
TAKE AND GIVE
MEDIA:
·
|
Kartu ukuran ± 10
X 15 cm sejumlah peserta
tiap kartu berisi sub materi (yang berbeda
dengan kartu yang lainya, materi sesuai dengan
TPK
·
Kartu contoh
sejumlah siswa
·
CONTOH Kartu:
Langkah-langkah:
1.
Siapkan kelas sebagaimana mestinya
2.
Jelaskan materi
sesuai TPK
3.
Untuk
memantapkan penguasaan peserta tiap siswa di beri masing-masing satu kartu
untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit
4.
Semua siswa di
suruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasi. Tiap siswa harus
mencatat nama pasanganya pada kartu contoh
5.
Demikian
seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi
masing-masing (take and give)
6.
Untuk
mengefaluasi keberhasilan berikan-berikan siswa pertanyaan yang tak sesuai
dengan kartunya (kartu orang lain)
7.
Strategi ini
dapat dimodifikasi sesuai keadaan
8.
Kesimpulan
CONCEPT SENTENCE
Langkah-langkah:
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·
Guru menyajikan
materi secukupnya
·
Guru membentuk
kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen
·
Menyajikan
beberapa kata kunci sesuai materi yang di sajikan
·
Tiap kelompok
disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci tiap
kalimat
·
Hasil dikusi
kelompok. Didiskusikan lagi secara plerio yang di pandu guru
·
Kesimpulan
COMPLETTE SENTENCES
Media:
*Siapkan blanko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap
Langkah-langkah:
1.
Guru
menyampaikan yang ingin dicapai
2.
Menyampaikan
materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku atau model dengan waktu
secukupnya
3.
Bentuk kelompok
2 atau 3 orang secara heterogen
4.
Bagikan lembar
kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lemgkap (lihat contoh)
5.
Peserta diharap
berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia
6.
Bicarakan
bersama-sama anggota kelompok
7.
Setelah jawaban
benar yang salah diperbaiki. Tiap peserta disuruh membaca berulang-ulang
sampai mengerti atau hapal
8.
Kesimpulan
TIME TAKEN ARENDS (1998)
Struktur
yang dapat digunakan untuk mengajarkan ketrampilan sosial, untuk menghindari
siswa mendimonasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali
Langkah-langkah:
1.
Kondisikan kelas
untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning/CL)
2.
Tiap siswa
diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap siswa diberi sejumlah
nilai sesuai waktu keadaan
3.
Bila telah
selesai bicara kupon yang dipegang siswa diserahkan. Setiap berbicara satu
kupon
4.
Siswa yang telah
habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara
sampai kuponnya habis
5.
Dan seterusnya
PAIR CHECKS SPENCER KAGEN (1993)
APA
YANG DILAKUKAN?
·
BEKERJA
BERPASNGAN
·
Bentuk tim dalam
pasangan-pasangan dua siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal yang pas sebab
semua itu akan membantu melatih
·
PELATIH MENGECEK
·
Apabila patner
benar pelatih memberi kupon
·
BERTUKAR PERAN
·
Seluruh patner
bertukar peran dan mengurangi langkah 1-3
·
PASANGAN
MENGECEK
·
Seluruh pasangan
tim kembali bersama dan membandingkan jawaban
·
PENEGASANA GURU
·
Guru mengajarkan
jawaban/ide sesuai konsep
KELILING KELOMPOK
Maksudnya
agar masing-masing anggota kelompok mendapat kesematan untuk memerikan
kontribusi mereka dan mendengarkan pandangan dan pemikiran anggotanya lainya
Caranya......?
1.
Salah satu siswa
dalam masing-masing kelompok menilai
dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka
kerjakan
2.
Demikian
seterusnya giliran bicara bisa dilaksnakan arah perputaran jarum jam atau dari
kiri ke kanan
TARI BAMBU
Agar
siswa saling berbagiinformasi pada saat yang bersamaan dengan pasangan yang
berbeda dalam waktu singkat secara teratur dan strategi ini cocok untuk materi
yang membutuhkan pengalaman pikiran dan informasi antar siswa
Caranya:
1.
Separuh kelas
atau sperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar. Jika ada
cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa
berjajar di sela-sela deretan bangkau. Cara yang ke dua ini akan memudahkan
pembentukan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.
Separuh kelas
lainya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama
3.
Dua siswa yang
berpasangan dari kedua jajaran pindah ke ujung lainya di jajaranya. Jajaran ini
kemudian bergeser. Denagn cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang
baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan
DUA
TINGGAL DUA TAMU (TWO STAY TWO STRAY) SPINCER
KAGEN 1992
MEMBERI
KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK UNTUK MEMBAGIKAN HASIL DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK
LAINNYA
Caranya:
- Siswa bekerja sama dalam
kelompok berempat seperti biasa
- Stelah selesai, dua orang dari
masing-masing bertemu kedua kelompok yang lain
- Dua orang yang tinggal dalam
kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu
mereka.
- Tamu mohon diri dan kembali ke
kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
- Kelompok mencocokkan dan
membahas hasil kerja mereka.
Semoga bermanfaat, Jika ada pertanyaan atau hanya sekedar ingin menyapa, silahkan isi di kolom kotak komentar di bawah ini.
0 Response to "STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (ACTIVE LEARNING STRATEGIES)"
Post a Comment