1001 MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN DAN MENGOBATI DIABETES


A.            Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Sirsak atau dengan nama latin Annona  muricat L memiliki  daging buah yang tebal dan banyak mengandung serat vitamin C alami yang cukup tinggi. Zat antioksidan di dalam buah yang berasal dari Amerika Latin ini  pun cukup tinggi. Tidak hanya buah, daun sirsak pun ternyata memiliki kemampuan dahsyat untuk menyembuhkan kanker.

Pada tahun 1965, para ilmuwan menyatakan bahwa kandungan dan khasiat 10.000 lebih kuat dari kemoterapi untuk mengobati kanker. Hal ini berdasarkan penelitian yang telah dilakukan para ilmuwan, pada masyarakat zaman dahulu daun sirsak sudah diketahui manfaatnya dan sering digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Pada sekitar tahun 1976, National Cancer Institute juga telah melakukan penelitian ilmiah. Hasilnya mereka menyatakan bahwa batang dan daun sirsak juga efektif untuk menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan daun sirsak yang sangat tinggi senyawa proaktif, senyawa ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

Negara Korea juga melakukan sebuah penelitian. Mereka menyimpulkan bahwa ada 1 senyawa kimia yang berperan selektif untuk membunuh sel kanker pada usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi untuk dijadikan sebagai obat kemoterapi dalam sirsak. Ternyata senyawa yang satu ini juga selektif untuk memilih sel target kanker sehingga tidak memungkingkan terjadinya perusakan pada sel-sel sehat lainnya. Hal ini seperti dikutip wikipedia. Berikut adalah beberapa manfaat daun sirsak.
Cara teradisional mengonsumsi daun sirsak adalah dengan merebusnya menggunakan 3 gelas air sampai tinggal 1 gelas, kemudian diminum 2 sampai 3 kali sehari. Daun yang digunakan adalah daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua. Cara kerja ramuan daun sirsak di dalam tubuh mirip kemoterapi, yaitu menimbulkan efek panas, namun ini terjadi pada beberapa orang saja. Tidak semuanya merasakan efek yang sama. Khasiat daun sirsak ini biasanya mulai terasa setelah mengonsumsi selama 2 minggu.

Diantara manfaatnya yaitu:
1.     Mengobati tekanan Darah Tinggi
Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan ini adalah daun sirsak dan juga daun alpukat. Rebus kedua bahan tersebut menggunakan air dan setelah itu minum air rebusan daun tersebut. Dalam daun sirsak terdapat banyak sekali zat yang mampu menurunkan tekanan darah.
Akan lebih baik jika Anda meminum ramuan tersebut secara rutin karena jika Anda meminum ramuan tersebut secara rutin akan membuat metabolisme tubuh Anda semakin lancar dan tubuh semakin segar.
Manfaat daun sirsak yang keempat adalah untuk mengatasi kolesterol dalam tubuh. Kolesterol dalam tubuh harus dijaga dengan baik agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Salah satu cara menjaga kolesterol dalam tubuh adalah dengan rajin meminum air rebusan daun sirsak.
2.    Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Kandungan yang terdapat pada daun sirsak dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah terjadinya infeksi pada tubuh.
Caranya, siapkan 4/5 lembar daun sirsak, rebus dengan 4 gelas air biarkan mendidih hingga tersisa 1 gelas. Minumlah 1 kali sehari.
3.    Mengobati Sakit Pinggang
Rebusan daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang. Caranya, ambil 20 Lembar daun sirsak kemudian direbus dengan menggunakan 5 gelas air hingga tinggal 3 gelas serta minum 1 kali sehar 3/4 gelas.
4.    Menghilangkan Kutu
Kini kita beralih pada daunnya, Ladies. Daun sirsak jika direbus ternyata dapat dimanfaatkan untuk mengusir kutu lho, baik kutu rambut atau kutu di tempat tidur.
5.    Dapat Mengobati Asam Urat
Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat asam urat. Banyak pengobatan alternatif yang menggunakan daun sirsak untuk pengobatan asam urat.
Caranya sangat mudah yaitu dengan daun sirsak yang sudah cukup tua tapi masih hijau, kira-kira 6 sampai 10 lembar kemudian cuci bersih. Selanjutnya daun sirsak dipotong-potong dengan tujuan memastikan kandungan pada daun benar benar keluar. Rebus daun tersebut dengan dua gelas air, biarkan mendidih hingga air tersisah satu gelas. Minum ramuan tersebut sehari dua kali yaitu pagi dan malam hari.
6.    Menghilangkan Bisul
Bisul adalah salah satu gangguan kulit yang menjadi momok selain nyeri, ternyata bisul muncul tidak kenal tempat. Bisa di tubuh bisa juga diwajah, nah yang paling merepotkan bila munculnya di wajah karena bisa mengganggu kecantikan.
Caranya, ambil lima sampai 10 lembar daun sirsak yang masih muda lalu tempelkan ditempat yang terkena bisul hingga bisul mengering.
7.     Mengobati Eksim dan Rematik

Tumbuk daun sirsak sampai halus dan tempelkan di bagian tubuh yang dirasa ngilu atau sakit karena rematik atau eksim secara teratur 1 hari dua kali.
  1. Mengobati kanker
Caranya yaitu ambil sekitar 10 lembar daun sirsak yang sudah tua. Lalu rebuslah dengan 3 gelas air. Biarkan sampai tersisa 1 gelas air saja. Minumlah 2 kali setiap harinya selama 2 minggu atau sampai kankernya benar-benar sembuh

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan
·         Mencegah dan mengobati kanker payudara, prostat, pankreas, dan paru-paru.
·         Membantu merileksasi otot.
·         Menghambat pertumbuhan tumor.
·         Menghambat mutasi gen.
·         Menghambat proses pertumbuhan bakteri jahat.
·         Mengobati asam urat.
·         Mengobati eksim dan rematik.
·         Mengurangi stres.
·         Menguatkan saraf.
·         Menyehatkan jantung.
·         Menghambat proses pengkriputan kulit.
·         Menurunkan tekanan darah tinggi.
·         Meredakan rasa nyeri.
·         Dapat dijadikan sebagai obat anti kejang.
·         Menghambat perkembangan parasit.
·         Menghambat perkembangan virus.
·         Membunuh cacing parasit.
·         Mengobati bisul.
·         Menurunkan kadar gula darah.
·         Membantu melebarkan pembuluh darah.
·         Menurunkan demam.
·         Mampu menekan peradangan.
·         Meningkatkan produksi asi pada ibu hamil menyusui.
·         Mengobati asam urat.
·         Menambah sistem kekebalan tubuh dan menghindari terjadinya infeksi.
·         Mengobati sakit pinggang.

B.Manfaat Daun Sirsak Untuk Diabetes


Penyakit diabetes dapat menyerang kepada siapa saja, namun bagi mereka yang mempunyai riwayat keluarga diabetes mempunyai kemungkinan lebih besar terkena penyakit tersebut. Selain faktor keluarga, masih ada beberapa faktor lain yang dapat beresiko terkena diabetes yaitu mereka yang mengalami kegemukan, mempunyai kolesterol tinggi karena pola makan yang tidak baik, hipertensi dan jarang melakukan aktifitas fisik. Apalagi bagi mereka yang sudah berusia 40 tahun keatas dan memiliki masalah kegemukan, maka sangat beresiko sekali terkena diabetes. Berikut ini gejala umum yang sering terjadi pada penderita diabetes tahap awal:
  • Haus dan banyak minum
  • Luka lama sembuh
  • Mudah terjadi infeksi pada kulit (seperti gatal-gatal), saluran kencing dan gusi
  • Nyeri atau baal pada tangan atau kaki
  • Badan terasa lemah
  • Mudah mengantuk
  • Lapar dan banyak makan
  • Sering kencing
  • Berat badan menurun
  • Mata kabur

Jika Anda mengalami gejala diatas, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui secara pasti apakah Anda mengidap penyakit diabetes atau tidak.
Bahan yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan ini adalah daun sirsak yang masih muda. Setelah itu, rebus menggunakan air dan tunggu hingga mendidih. Anda bisa meminum ramuan tersebut secara rutin setiap hari agar diabetes yang Anda derita dapat cepat teratasi. Waktu yang paling baik untuk meminum ramuan ini adalah pada malam hari sebelum tidur.
Daun sirsak memiliki banyak sekali kandungan zat yang bisa membuat kolesterol dalam tubuh menjadi normal. Dengan melihat semua manfaat daun sirsak yang sudah disebutkan pasti Anda tidak sabar untuk merasakan manfaat bahan alami ini.


Sekian Postingan kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau hanya sekedar ingin menyapa, silahkan isi di kolom kotak komentar di bawah ini.

0 Response to "1001 MANFAAT DAUN SIRSAK UNTUK KESEHATAN DAN MENGOBATI DIABETES"

Post a Comment

Pages